PS3 OFW, CFW dan ODE - Cara mudah mengetahui perbedaan kelebihan dan kekurangannya

Dexcuit
1

Hello kawan para gamer, kali ini saya ingin berbagi artikel tentang konsol playstatoion 3 (PS3) yang dimana saya ingin membahas tentang perbedaan atau keunggulan PS3 OFW CFW ODE. Mungkin di antaran kalian ada yang bertanya, bingung pernah dengar atau pernah menemukan di internet tentang PS3 OFW CFW ODE, lalu mencari info tentang perbedaannya. Nah jika Anda berkunjung kesini tentu ini adalah tempat yang tepat.

PERBEDAAN, KEUNGGULAN dan KEKURANGAN PS3 OFW, ODE dan CFW
 
PS3 OFW 
PS3 OFW (Official Firmware) yaitu PS3 yang menggunakan Firmware asli dari Sony, pada firmware ini pengguna tidak bisa memainkan game bajakan namun hanya bisa memainkan game original yang berbentuk digital (.pkg) yang bisa dibeli di PSN Store dan juga berbentuk kaset (Bluray). Dari segi harga antara game digital dan kaset biasanya lebih murah digital, karena biasanya suka ada diskon saat pembelian di PSN Store nya. Namun meskipun lebih murah, jika teman - teman tidak memiliki akses internet untuk mendownload nya saya sarankan mending membeli game dalam bentuk kaset.
Kelebihan dari PS3 ini teman - teman tidak usah khawatir untuk melakukan apa saja di ps3 nya terutama dalam memainkan game online. Namun menurut saya jenis ini sangat cocok bagi teman - teman yang mempunyai budget besar, tapi jika untuk kere hore ada beberapa jenis lainnya yang akan saya jelaskan di bawah.

PS3 CFW
PS3 CFW (Custom Firmware), nah yang ini sebaliknya kalo yang tadi Official tapi yang sekarang Custom Firmware. Firmware ini dimodifikasi sedemikian rupa agar para pengguna bisa memainkan game bajakan atau non bd dengan fitur yang lumayan banyak dengan menggunakan Harddisk Internal / Eksternal untuk menyimpan gamenya. Beberapa contoh CFW seperti Citra Mulia, Cobra, Rogero,dll. PS3 CFW biasa kita lihat di rental-rental.
Kelebihan ps3 cfw ini selain bisa memainkan game bajakan, penggunanya memiliki akses penuh ke sistem ps3 layaknya android dalam keadaan root. Salah satu contohnya, dalam ps3 cfw ada fitur screenshot yang tidak ada di jenis ps3 lainnya, juga ada fitur fan control yang berguna untuk mengatur kecepatan fan saat ps3 dalam keadaan panas dan juga ada beberapa fitur lainnya.
Kekurangan menggunakan ps3 cfw ini teman - teman tidak 100% aman saat dalam keadaan bermain game secara online. Karena biasanya Sony akan mendeteksi firmware nya dan akan membanned PSID. Meskipun begitu, banyak cara untuk memperkecil resiko banned pada saat bermain game online.

PS3 ODE
PS3 ODE (Optical Drive Emulator) merupakan sebuah chip yang dipasang pada ps3 yang berguna supaya bisa memainkan game bajakan seperti halnya ps3 cfw. Ada beberapa merk dari chip ode diantaranya, cobra ode, mobdo ode, e3 ode, dan matrix ode. ODE lahir untuk mengatasi ps3 seri 3000 dan 4000 yang dimana pada seri tersebut tidak bisa diinstall cfw.
Kelebihan dari ps3 ode yaitu teman - teman bisa memainkan game bajakan layaknya ps3 cfw. Namun kekurangannya, firmware ps3 ode hanya diperbolehkan sampai di 4.53 (superslim) dan 4.55 (slim). Oleh karena itu, ps3 ode tidak bisa dipakai untuk bermain game online. Namun meskipun begitu teman - teman masih bisa menikmati game - game terbaru.

Itu adalah informasi tentang PS3 OFW, ODE & CFW semoga artikel ini bisa membantu teman - teman yang lagi bimbang saat ingin membeli PS3. Semua jenis itu sama-sama aja PS3 buatan Sony, namun yang membedakan yaitu dalam hal modifikasinya.



Posting Komentar

1Komentar
Posting Komentar