Kerusakan umum pada PS3

Nebeye Cang
59
Masalah Kerusakan PS3 Dilihat Dari Lampu Indikator LED Pada PS3


Banyak kerusakan yang mungkin saja bisa terjadi pada PS3 anda, baik itu kerusakan secara Hardware ataupun sofware. Dan masalah dan error pada PS3 juga bisa diakibatkan oleh kelalaian pemakain, perawatan yang kurang atau emang PS3 terkadang error dari tokonya. Hal-hal tersebut bisa saja terjadi pada PS3 untuk itu kita harus mengetahui dahulu masalah kerusakan pada PS3 dimulai dari hal terkecil.

Masalah Kerusakan PS3 Dilihat Dari Lampu Indikator LED Pada PS3
Masalah Kerusakan PS3 Dilihat Dari Lampu Indikator LED Pada PS3
Masalah error dan kerusakan pada PS3 biasanya dimulai dari munculnya kedipan pada lampu LED PS3 dan itu menandakan ada yang salah dan rusak baik pada software ataupun hardware. Untuk itu kita diharuskan mengetahui kode-kode atau kedipan lampu LED power tanda error pada PS3 agar tidak langsung panik dan membawanya ke service PS3. Karena tidak semua masalah error dengan kode kedipan pada LED power PS3 mennadakan masalah serius atau besar terkadang hanya sebuah kesalahn kecil yang sebenarnya bisa kita atasi sendiri. dan berikut kerusakan Playsation 3 berdasarkan lampu LED yg bisa anda ketahui.

1. Flashing BLUE Atau Lampu LED PS3 nyala Kedap kedip biru



Jika tanda kedip pada lampu LED PS3 anda seperti ini berarti kemungkinan Blueray disk sedang dalam proses dimasukkan ataupun sedang mengeluarkan blueray disk.

2. Lampu LED PS3 nyala warna biru atau SOLID BLUE



Jika keadaan Indikator led warna biru solid ini menunjukan bawah didalam Disk Tray PS3 tertimbun sebuah blueray disk, jika ingin kikeluarkan anda tinggal tekan tombol eject.

3. PS3 Masalah YLOAD


Jika terjadi kedipan warna hijau, kuning, kemudian kedap kedip merah pada led PS3 dan warna kuning hanya flashing sebentar ini merupaka kode masalah YLOD. Dan ini merupakan masalah berat pada PS3 anda dan disarankan harus menggunakan jasa service PS,  penyebabnya banyak, ada karena over heat,  Hardware failure, sambungan timah retak dan lainnya.

4. Lampu LED PS3 kedap kedip warna hijau atau FLASHING GREEN 


Jika terjadi lampu led flashing green/hijau ini mengartikan bahwa PS3 sedang dalam proses shutting down/pemadaman, disarnkan anda jangan mencabut arus listrik agar tidak terjadi error nantinya, saran tunggulah sampai PS3 and benar-benar mati.

5. Lampu LED PS3 kedap kedip merah/Flashing RED


Jika PS3 anda mengalami lampu LED berkedap-kedip merah (flashing red) ketika bermain game ataupun saat menghidupkan PS3 berarti sangat dimungkinkan PS3 anda mengalami overheating, untuk cara mengatasinya silahkan anda coba bersihkan debu-debu pada hardware dalam PS3, bila perlu ganti thermal paste, atau diberi kipas tambahan untuk mendinginkan PS3 anda.

6. Lampu LED PS3 nyala hijau atau GREEN LED


Lampu LED pada PS3 nyala hijau solid ini mengartikan bahwa PS3 anda ada dalam keadaan menyala dan normal.

7. Lampu LED PS3 nyala merah atau SOLID RED


Jika saat dihubungkan dengan arus listrik PS3 anda menyala warna merah/LED Solid Red ini menandakan PS3 anda ada dalam keadaan Standby dan siap dijalankan.

8. Lampu LED Pada Playstation 3 Mati semuanya.


Jika semua lampu LED mati cobalah anda cek kembali sambungan power/arus listrik apakah sudah tersambung dengan benar atau swit power sudah dalam keadaan ON atau OFF.

Daftar kerusakan PlaySation 3 / PS3 yang sering terjadi dan penjelasannya :

NLOD - Tidak ada lampu merah menyala.
SOLID RED - Hanya muncul lampu merah saja.
SOLID GREEN - Lampu Hijau menyala tapi tidak ada reaksi apapun.
SOLID BLUE - Lampu Biru muncul padahal BDGame tidak ada pada BDRoom.
FLASHING BLUE - BDGame dimasukin tapi selalu dikeluarkan kembali(550RB) 
YLOD - Lampu hijau bisa muncul, Beberapa saat kemudian lampu kuning muncul terus mati.
RLOD - Lampu merah berkedip, Ketika di ON.
GLOD - Lampu hijau menyala tampilan Blank.
RSOD - Muncul pesan "serious error has occurred".
BSOD - Muncul pesan "Settings information is corrupted. Press the X button to repair and restore default settings".
RSOE - Hampir sama dengan tampilan RSOD cuman hanya 1 bahasa yang muncul "looks alot like RSOD, but with only 1 language and an errorcode" 

Masih banyak penyakit dari PS3 yang lainnya yang belum saya sebutkan. Diatas cuma penyakit umum dari PS3 saja.


.

Posting Komentar

59Komentar
  1. Gan kok Gua pas masuk multiman hardisk mati terus yak ? Apa ada masalah nya

    BalasHapus
  2. Mau tanya gan,kalo maen persona 5 sama w2k 2015 kenapa mesin suka mati sendiri(blinking red),tp kenapa game yg lain bisa dimainkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, gw juga maen persona 5 tiba2 mati sendiri, tapi bedanya matinya ga ada indikator apapun (mati), dan klo coba gw nyalain bisa nyala tpi ga ada sedetik langsung mati lagi

      Hapus
    2. Nex tokin harus ganti itu,pakai tantalum aja,gw juga SM kalo maen persona 5

      Hapus
  3. Saya punya ps3 yng slim, padahal kondisi sudah saya colokan kabel power ps'nya ke stop kontak tpi tombol power led yg merah tidak menyala, kenapa ya gan , mohon di bantu, terimakasih🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saya juga gan apa ya kendalanya

      Hapus
    2. itu karna colokan kabel power dari mesin goyah, cara atasinya digoyang goyang saja sampai lampu nya menyala.

      Hapus
    3. bongkar cek tegangan 5,5v ada atau tidak, bila tidak ada lepas kabel pita jalur tombol power, cek lagi tegangan 5,5v bila ada kerusakan dibagian block tombol power/reset

      Hapus
  4. Tanya gan kalau ps saya menyala hijau lalu mrnjadi kuning tetapi tidak mati main normal biasa itu kenapa ya?

    BalasHapus
  5. Tanya kenapa ps3 tiba tiba mati yang berwarna merah dan hijau

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karna colokan kabel power dari mesin goyah, digoyang goyang saja sampai lampu nya menyala.

      Hapus
  6. gan minta solusinya dong!!
    ps3 saya klo di nyalain lampu ijo nya nyala tapi gk lama langsung berkedip lampu merah... mohon pencerahan nya trus apa yg hrus di lakuin... trimakasih

    BalasHapus
  7. Ps 3 saya pas di nyalakan tidak bisa masuk ke menu, gambar nya hitam, mohon bantuan nya

    BalasHapus
  8. Gan kok punya saya udah dicolok pake kabel gabisa ya ??? Udah reset stik ps3 nya udah ganti kabel ganti slot usb tetep aja, pas di recovery mode kan suruh pencet ps sama konekin stik ps3 ke ps3 nya nah itu tetep gabisa. Dipencet tombol ps nya malah ngecas doang kedip2 Tolong banget gan

    BalasHapus
  9. Mau tanya, udah menyala lampu ijo, gak selang lama mati lgi dan gak ada ditandai lampu stanby, kira2 apa kendalanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan. Gmn ya solusinya. Sudah saya coba lepas hardisk juga sama. Apakah ada yg bsa membantu 🙏

      Hapus
    2. Sama punya sy juga begitu tolong di bantu

      Hapus
    3. Udah ada yang tau blm ya jawabanya?

      Hapus
  10. Klo punya saya sama kaya no 5 penyakit nya,sudah saya bersihin,mesin nya dan sdh di kasih kipas tambahan jg,tp msih ttep aja bgtu. Minta solusi nya dong gan. Tks

    BalasHapus
  11. Mau nanya gan,kan ps ku seri CECH-3001A MAU DIHANTI POWER NYA AMA SERI 25 BISA GA?

    BalasHapus
  12. ps 3 super slim stand bye terus ga bisa dijalankan baik pake tombol ataupun stik

    BalasHapus
  13. ps 3 super slim stand bye terus ga bisa dijalankan baik pake tombol ataupun stik

    BalasHapus
  14. Gan ini kok ps3 saya gak ada suara ya padahal kabel HDMI udah bagus audio juga udah dicocokin ke HDMI juga

    BalasHapus
  15. min, saya punya ps3 awal nya hidup lalu mati sendiri itu knpa ya kendalanya? Tolong ksh info

    BalasHapus
  16. gan minta solusinya dong!
    ps3 saya klo di nyalain lampu
    ijo nya nyala tapi gk lama
    langsung berkedip lampu
    kuning lalu merah... mohon pencerahan
    nya trus apa yg hrus di lakuin...?
    trimakasih

    BalasHapus
  17. Apabila kita menghidupkan dia hidup hijau,tp setelah itu,tiba2 mati dan muncul lampu merah kalap kali,akan itu YLOD ya tp sebelum kedap kedip tidak ada lampu kuningnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu nec tokin nya udah lemah klo ga udah rusak ganti nec tokin nya

      Hapus
  18. kalo ylod di fix pake hairdryer aman ga bang?

    BalasHapus
  19. bang ps3 super slim saya kalau di mainin gambarnya berhenti (hang) kerusakannya di mana?apa yang harus di ganti?kira kira berapa harga spare partnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu rusak hdd nya udah badsectorganti hdd nya

      Hapus
  20. Ps3 saya keluar asap apa yang perlu saya perbaiki

    BalasHapus
  21. gan, mohon petunjuk PS3 slim saya dari kondisi off (led red) ketika dihidupkan warna led berubah jadi green trus kemudian mati.
    Itu kenapa yah?

    BalasHapus
  22. Gan ada yg bisa bantu,ps3 fat ane kenapa gak ada tampilan dilayarnya ya,hmdi udeh ganti,mesin nyala,lampu pas di pencet tombol ijo standby kaya normal. Tolong pencerahannya gan. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kena ic hdmi nya ganti ic hdmi nya klo ga main pakai kabel rca itu masih bisa pake av masuk nya

      Hapus
  23. gan mau nanya ps3 super slim sy tiba" mati trus sy nyalain kembali suara mesin nya suara nya keras sekali lalu lampu led nya kedap kedip trus mati..itu apa ya penyebab nya

    BalasHapus
  24. Over heating ganti pasta sama kemungkinan nec tokin nya udah kena juga ganti skkian

    BalasHapus
  25. Gan ps ane kalau main god of war suka mati sendiri, merah kedap kedip tapi kalau main game lain normal, kira2 apanya itu

    BalasHapus
  26. Mau Tanya gan... Saya punya PS3 slim... Kendalanya lampu hijau nyala tapi berselang beberapa detik langsung merah lagi... Itu knapa ya?

    BalasHapus
  27. Tolong di bantu,p3 slim,,
    Kendala lampu hijau nyala sebentar terus mati,,,
    Lampu merah normal
    Knapa nya??🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  28. Tlg dibantu bos Ps3 saya mati total kabel arusnya uda saya goyang tpi tetap tdk mau hidup ada ganguan apa ya bos

    BalasHapus
  29. gan ps3 saya keluar asap ketika kabel powernya dicolok. apakah kabelnya yg musti diganti atau psnya dibawa ke tempat servis karena sdh mengeluarkan asap

    BalasHapus
  30. gan mau nanya ps3 nyala lampu ijo terus tapi di tv ngga ada respon hitam trus gimana solusinya

    BalasHapus
  31. PS3 saya bermain game needforspeed kursor kanan kiri tidak bisa digunakan saya sudah kemenu setting yang saya pakai buat bermain needforspeed memakai analog tolng caranya supaya kursor kanan kiri saya kembali aktif

    BalasHapus
  32. PS3 saya bermain needforspeed kanan kirinya tidak bisa digunakan saya sudah kemenu setting yang saya gunakan PP Akai analog untuk bermain game tolng jawabannya ya















    BalasHapus
  33. Gan kalo data data game dan mmcm nya ke format solusinya gimana. ..

    BalasHapus
  34. Bre gw main digimon adventure tiba tiba mati sendiri. Dan gak bisa hidup lagi. Apa penyakitnya tuh?

    BalasHapus
  35. Bro ini main ps 3 kalo sambil stiknya di cas kok tiba tiba frezze yaa mohon bantuanya

    BalasHapus
  36. Mohon pencerahan om,, ps3 slim,, dinyalain, masuk menu trus gambar seprti terganggu, lalu hilang jadi tinggal gambar semut doang,, kenapa ya?

    BalasHapus
Posting Komentar