Mengupas tuntas PS3 sering mati atau restart sendiri Lyod

Nebeye Cang
75

Ps3 sering mati/restart sendri saat bermain



Punya ps3 saat seru serunya main pas mau cetak goll ps3nya mati sendiri tau lagi seru serunya ngelawan bos dari game yang dimainin eeeeeeee ps3 mati,pasti agan2 merasa jengkel.
ps3 sering mati sendiri ini adalah penyakit yang paling dibenci sama pemilik ps3 apalagi pemilik rental.

Baik mari kita membahas penyakit ps3 yang paling sering dijumpai.


1.Overhead
Dari julukan si penyakit ini sudah dapat diartikan KELEWAT PANAS(OVERHEAD).
Gejala yg muncul apabila terkena si virus overhead
@biasa dimulai dengan tanda kipas kencang(tapi ada juga ps3 yg kipasnya normal2 aja)dan ps3 mati
@muncul tulisan disebelah kanan atas layar peringatan ps3 kepanasan seperti gambar dibawah ini.

Kemudian beberapa saat kemudian ps3 anda mati

Nahhhhhh..sudah tau akibat dari si penyakit overhead ini.sekarang waktunya cari penyebab kenapa si penyakit ini bisa muncul dari alam kuburnya padahal gak ada yg manggil dia.berikut step2nya.

1.download fan utility (download yang suport dengan firmware ps3 anda contohnya ps3 anda rogero 4.55 anda download fan utility 4.55 tau klu tidak mau repot download yang suport semua firmware ps3)setelah di dowload masukkan k FD tau hardisk dengan format fat 32 bukan NTFS.biasanya flashdisk sudah format fat 32.setelah itu masukan hasil download td ke dalam flasdisk tidak usah buat folder copy diluar aja.

2.colok fd tadi ke ps3 lalu masuk dimenu instal dibawah menu app tempat memainkan game yang telah dipilih dari multiman

Lalu instal fan utility yg tadi didownload.setelah selesai muncul gambar berbentuk kipas.


Jalankan dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini


Liat suhu dari cpu temp dan rsx temp.suhu normal dari ps3 tidak pernah lebih dari 70 c
Jadi saat salah satunya mencapai 80 c keatas berarti ps3 anda udah terkena kanker overhead stadium akhir(klu perlu stadium tingkat dewa deh)mau minta dioprasi segera psnya gan.o ia saat jalankan fan util lampu ps3nya kedip2 orange jangan kaget ya matikan aja ps3nya nanti norml kembali.sedikit tentang fan util.
Tombol segitiga untuk keluar dari mas fan util
Tombol kotak untuk mengatur kecepatan mas fan.
Tombol start untuk menyimpan kecepatan kipas yg agan pilih.

Nahhhhhhhhh udah tau apa yg panas cpu tau rsx tau malah keduanya.klu kedua2nya berarti udah koma tu ps3 tinggal itung hari aja ko itnya.ooo iaa lagi cara diatas untuk ps3 yang masih bisa nyala sekitar 5menit baru mati bukan untuk ps3 yang baru nyala mati lagi.

Untuk menyembuhkan overhead diatas bisa dilakukan sendiri(tidak disarankan soalnya resikonya besar).

Dari pengalaman saya servis yang paling sering kepanasan cpu.biasanya rsx adem2 aja 60an derajat sedangkan cpu 75 sampai 90 derajat.agar kembali normal cpu harus diganti pastanya.ini dia penampakan dari ic rsx dan cpu




Tampikan cpu yang sudah dipotong tampak pada gambar pasta pada cpu sdh kering dan harus diganti.saran ane gunakan pasta mx4 karna tidak terlalu cair dan tidak terlalu kental



Tampak ic rsx yg sudah dicungkil pastanya kering ..yang ini kagak dipotong tp dicungkil/diungkit.untuk cara potong dan ungkit silahkan liat di you tube aja.mau coba2 kerja sendiri tau ngasih keahlinya aja* saran ane kasi keahlinya aja gan resikonya besar saat pemotongan ic cpu sedikit aja tergores saat pemotongan ps3 agan kagak bisa diapa2in lagi kecuali cari kanibalan dari mesin lain yg masih bagus ndak tangung2 biayanya bisa membengkak. gimana gak mahal harus ganti 1 set soalnya klu cpu yg rusak harus ganti juga 2 ic lainya.hahahahaha.belum lagi pastanya yang mahal 3grm aja ada yg sampai 150rb. jadi saat servis jangan kaget klu ada yg pasang harga 300-600rb karna itung2 resiko yg dihadapi teknisinya dan biaya pastanya.karna mengunakan pasta biasa hanya akan membuat cpu tambah panas.

Mari kita menuju ke penyakit yang paling mematikan yaiiiittttttuuuuu YLOD(penyakit mematikan nomor 1 dips3). Sama dengan overhead penyebabnya kepanasan. tapi tidak selamanya ylod karna panas bisa juga karna ada yg short/koslet bisa juga karna power supplay yang rusak. 

Ciri2 ylod lampu hijau dan kembali merah kedip2.pada seri ps3 slim cech 25xxx ylodnya bukan kedip2 merah tapi mati total kayak tidak ada listik yang masuk ke ps3.tp untuk pastikan ylod coba ganti power supplaynya dengan yg bagus klu masih mati berarti ylod gan(tp diingat artian ylod yg saya jelaskan ini khusus 25xxx ylod pada saat sementara main game bukan mati total karna update versi/brick).

YLOD karna kaki2 timah ic rsx tau cpu retak akibat terlalu panas.biasanya dipanasin/rehot ps3 akan kmbali hidup.

Suatu hari ada orang bertanya* ps3 ane ylod belum pernah servis bos,biayanya brapa?*300-500rb tergantung kerusakan ylodnya, itu dipanas2in aja tau direball?klu bisa saya minta direball(ganti kaki timah ic dengan yg baru)karna kata teman2 dan baca2 diinternet klu rehot biasanya seminggu balik lagi*saya menjawab sambil tersenyum dengan gigi mancung keluar kalahin gigi dono,saran saya direhot dulu mas ikan air tawar karna timah aslinya lebih kuat dari timah yang ada dipasaran.dan memang dari pengalaman ane banyak yang saya rehot bisa tahan lama.baik ane buka rahasia dikit.ada beberapa teknisi,ingat hanya beberapa bukan semua pada saat kerja ylod,setelah direhot hooorrrreeeee ps3nya hidup lagi tes main beberapa menit ndak mati.berarti udah oke tinggal nunggu datang ortu yg punya ps3 untuk nebus.
Tahap yang benar menurut ane
rehot dulu jangan mengunakan blower/hot gun karna dapat merusak ic ps3 gunakan bga dan apabila masih ylod baru ane reball dan setelah reball 2-3kali ndak berhasil baru ane saranin ganti ic.dan apabila salah satu dari tahap diatas berhasil nyala kemudian tes mainkan game2 berat/bergrafis bagus bahasa gaulnya gambarnya sangat bagus seperti COD.ghost/gta 5/god of war.setelah dites sekitar 15mnt bermain game berat keluar dari game dan masuk ke conrol fan utility lalu liat ic mana yang panas.dari pengalaman ane cpu biasa yang kepanasan dengan suhu 80an dan rsx tetap adem2 aja sekitar 50-60an ndak sampai suhu 70.dari analisa ini kita ketahap selanjutnya pemotongan ic cpu buat diganti pasta dalam(pada ps3 tempat pengaplikasian pasta ada 2tempat- pasta luar langsung terlihat saat memisahkan pendingin dan mainboard.
-pasta dalam terletak diantara heatsink dan ic liat gambar diatas.)
Setelah penggantian pasta pasang lagi ps3nya dan coba dites cpu menjadi adem lagi.
Ditahap selanjutnya ini pribadi aja gan dan biasanya minta persetujuan dari pelangan dulu.ane buat kipasnya agak kecang sedikit tp ndak sampai bising amat dengan cara memasang potensiometer dips3nya.biar lebih adem lagi dan biasa ane kasi garansi lebih lama 1-2bln.setelah dijelaskan panjang lebar si mas ikan air tawar setuju akhirnya aku menuju ke ruang operasi berbekal flux amtech bening ori 100grm bukan warna kuning seharga 350rb(sapa tau ada yg minat),masker dan meja operasi china fix seperti gambar pertama diatas saya melakukan rehot setelah 5mnt slesailah proses rehot.sambil menunggu sipasien dingin paling enak minum cucu dan makan oti tawar+meses bersama si mas ikan air tawar.

Setelah dingin saya tes ps3nya ndak ylod lagi,coba main game berat 15mnt setelah itu cek suhu ternyata cpunya 85c.lalu ane potong cpunya.berdarah deh cpunya jadi ane ganti pastanya yg kering trus di kasih plester obat(lem)tutup psnya tes lagi...15mnt tes game berat suhunya 72c untuk cpu.jadi ane berdiskusi lagi ma siikan mas.mas ps3nya kemungkinan kipas udah mulai koit kentara dari putaran kipas yang sudah tidak kuat lagi memutar..ooo iaaa 50%ps3 yg saya hadapi ylod karna kipas sudah tidak berfungsi dengan baik jadi ps3nya kepanasan.penyebab kerusakan kipas karna banyaknya debu yg menempel dikipas sehingga kipas bekerja lebih ekstra.ooo ia lagi sebenarnya musuh bebuyutan ps3 itu debu.apabila debu menutup semua ventilasi keluar masuk udara maka udara panas dalam ps3 akan terjebak didalam ps3 anda sehingga kepanasan.kembali keleptop.si mas bertanya solusinya gmn bos?klu mau bagus kipasnya kita buat kencang secara manual mengunakan potensiometer.si mas setuju .setelah potensiometer dipasang dan diatur perputran kipasnya agak kencang dikit.ane main lagi gta 5 sampe 15mnt lalu cek suhu si ikan mas tersenyum suhu psnya 59c.lalu ane tutup psnya dengan garansi 1bln .slesai sudah pergulatanku dengan si mas setelah 1.5jam.3bln kemudian siikan mas datang lagi buat bersihkan ps3nya takut buka sendiri katanya.dengan biaya 50rb ps3nya bersih lagi.ooo iiiiaaa ane saranin si mas buat perhatikan kebersihan ps3nya.karna kipas agak kencang jelas debu lebih cepat terkumpul.tp si mas senang karna si ylod sudah tidak kembali2 lagi.


.

Posting Komentar

75Komentar
  1. Bang mau tanya bang ini ps3 saya waktu pertama kali di hidupin trus mati lagi kedip² merah apakah itu YLOD???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu karena overheat alias YLOD.

      Hapus
    2. Ya itu karena overheat alias YLOD.

      Hapus
    3. bang ps3 saya slim seri 25 tiba2 mati lalu saya hidupkan normal lg ga lama mati lg bgtu terus selanjutnya,itu knapa ya....tks

      Hapus
    4. Sama juga saya juga seperti itu

      Hapus
    5. Itu tandanya lu harus beli ps yang baru:V

      Hapus
    6. Sama bang ps sy sering tiba2 mati terus ada merap kedip2nya

      Hapus
    7. Bang,saya kan punya ps3 seri 25xx
      Pas main 15 menitan trus ps nya matii total,trus saya diemin skitar 15 hidup lagi/nyala lagi tombol merah nya apakah itu yg di namakan ylod??

      Hapus
  2. Bang kalo PS3nya tiba2 mati, berarti ga bisa diidupin lagi ya ?
    Apa nunggu sampe dingin baru bisa dinyalain ?
    Lampu powernya kok ga nyala,,

    BalasHapus
  3. Kalo ps 3 gua gak panas gan.. Tapi mati mulu kenapa ya? Tiba tiba merah

    BalasHapus
  4. Bg mau tanya, ps3 ku klw di hidupkan saja dia gak akan mati, tpi klw di main kan gamenya, setengah jalan tiba2 mati tolong bantu bg solisinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama om.. trus gmn udh di repair kah klo udh sehat infony donk,?

      Hapus
    2. Kalo saya cuma main gta doang

      Hapus
    3. Kalo saya cuma main gta doang

      Hapus
  5. mautanya.. ps3 ku keadan masih off terus ku idupkan kanapa langsung lampu power mati... kenapaya.

    BalasHapus
  6. mautanya.. ps3 ku keadan masih off terus ku idupkan kanapa langsung lampu power mati... kenapaya.

    BalasHapus
  7. bang lokasi service daerahmana ya

    BalasHapus
  8. Om jual unit fat ps3 seken?

    BalasHapus
  9. Berapa biaya benerinya kalo uda rusak begini

    BalasHapus
  10. Bang ps3 sy sy nyalain tiba2 mati sendiri iu knp ya bang??

    BalasHapus
  11. Posisi dmn bos.. ane mau benerin ps3 ane.makasih bos

    BalasHapus
  12. Kalau ps nya gk panas tapi mati terus kenapa?

    BalasHapus
  13. Mau tanya ps3, mau dihidupkan dgn pencet tombol on langsung bunyi tit tit dan tombol merah lagi. Mohon solusinya. Nuhun

    BalasHapus
  14. Kalo misalkan lagi main tiba tiba mati sendiri ada tulisan di kanan atas karena panas kenapa itu bang?

    BalasHapus
  15. Kalo misalkan lagi main tiba tiba mati sendiri ada tulisan di kanan atas karena panas kenapa itu bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cpu nya panas bgt ya? Cba ke menu dashboard, pencet select hold trus dibarengin pencet start.. diliat cpu nya sm rsx nya brp % pnsnya..

      Hapus
  16. Ps3 ane 1 bln g d mainin..terakhir main ok..eh pas mau d mainin lg hidup lampu hijau langsung deh kedip2 beraneka warna lampunya..apa itu..mohon pencerahan?

    BalasHapus
  17. ps3 ane baru di service, tpi masih sering mati pas maen...

    BalasHapus
  18. Mau tanya bang...ps 3 fat dinyalain lampu ijo idup trs nunyi tit..tit..tit lampu merah myala...knp ya bang?diliat kabel.power ada yg nge fong...mohon pencarahan...tengkyu

    BalasHapus
  19. Ps3 saya sering bgt dipakai dan beberapa minggu ini nggak dipake kok bisa tau2 hidup sendiri ya? Padahal stiknya mati. Mohon penjelasannya ada problem apa, ( ini serius beneran lho ) akhirnya klau ga dipake kabel power takcabut

    BalasHapus
  20. Bang PS3 saya pasti mati kalau main red dead redemption terus lampu nya berkedip-kedip

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Bang ni ŝya mau nanya kenapa yak ps3 Saya kalau main game berat semacam the last of us,risen 3, dead island riptide tiba-tiba mati sendiri kedip Merah bunyi dua kali, sedangkan game berat lainnya semacam GTA v, demon soul, dark soul etc, dimainin berjam jam kagak mati sendiri. Mohon guidancenya bang.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jg suka gt, maen game berat suka mati...kl dngr" si dr kipasny atau gel kipasny dah kering (aku lupa namanya apa, pokokny itu deh)

      Hapus
    2. Sama tpi aku red dead redemtion

      Hapus
  23. Ps3 saya tiba2 mati saat maen knp iy..

    BalasHapus
  24. yg sewa ps3 area tambun mana ya mistika jaya

    BalasHapus
  25. yg sewa ps3 area tambun mana ya mistika jaya

    BalasHapus
  26. Bang ps3 gw juga gitu bang overhead, sdng main gta skitar 30menit eh muncul tulisan di pojok kanan atas gangerti gw bahasa english yaudh gw main terus galama kemudian tiba2 mati2l sendiri dan skrng ps3 gw cuma bisa dimainin 30 menit saja, apakah itu karna game bajakan bang? Soal nya gw install game bajakan sebnyak 4 dan 1 yg tidak bisa call of duty III versi baru eh ternyata ga suport ama versi ps 3 gw yaudh gw uninstall, jadi gimna cara nya sekarang bang? Apakah harus ganti cpu? Please jawab bang

    BalasHapus
  27. P3 saya kenapa suka kerestar trs ya

    BalasHapus
  28. Gan mau tanya nih posisi dimana gan mau servies ps3 ane.soalnya baru nyalain 2 menit udah langsung mati lg.dibarengin bunyi klik...2 ama lampu merah dah kedip2.tlng ksh posisi nya gan.sebelumnya ane udah servies eh malah kaga ada perubahan gan.please gan

    BalasHapus
  29. Kalau PS3 saya Gak bisa Standby Kenapa ya. Lampu indikator merah tapi tiba tiba hijau lagi atau hidup sendiri, kebalikan dari Ylod. Mungkin GLOL (green light of life). Itu gimana cara mengatasi nya Bos Q

    BalasHapus
  30. ps3 slim sedang posisi dimainkan, gambar mendadak bergaris gak lama langsung off sendiri. itu kenapa ha

    BalasHapus
  31. Tempat servis yang bagus dimana gan

    BalasHapus
  32. gan kenapa ya ps3 saya setelah diubah dari ode ke han kok cepet panas dan suara kipasnya agak kasar dan sering mati2 gitu,tolong di balas ya gan ps3 saya type 30xx gan,tolong dibalas segera ya gan

    BalasHapus
  33. klo maen tanpa AC dinyalain..5 menit doang nih maen ps3.. tp klo ac dinyalain.. suhu ruangan dibwh 25 derajat..aman sentosa

    BalasHapus
  34. Hi..gan ane mau tanya,kenapa ps3 ane baru dinyalain langsung mati.penyebabnya apa tolong petunjuknya terimakasih

    BalasHapus
  35. Sy mau tanya gan sy hidupkan ps3 sy dan restar, setelah di restar gambar tv nya gelap ps3 sy ngak muncul lagi gambar nya rusak nya apa ya gan terima kasih

    BalasHapus
  36. Bang mau nanya dong, Ps3 saya sering mati sendiri, Tapi ketika bermain game PES2020 aja, sedangkan game yg lain tidak mati sendiri meskipun berjam jam

    BalasHapus
  37. Bang PS3 gua mati pas maen red dead redemption langsung bunyi terus kedip kedip merah

    BalasHapus
  38. Tolong ksh solusinya Saya punya ps3 jarang dipakai akan menyebabkan kerusakan tidak apa akan awet mesinnya

    BalasHapus
  39. Bang ps 3 saya pas di nylakan langsung kipasnya kenceng. Harus gmn ini

    BalasHapus
  40. Bang kan gua pasang PS3 pro tuh nah pas main game malah suruh sambungkan USB ke stick kaya direstore gitu lah PS3 saya ofw hen cara balik ke semula lagi gimana ya ke PS3 biasa lagi

    BalasHapus
  41. Bang kalo yg gw suka mati tapi pas maen game tertentu (MotoGP,COD) GTA kadang kadang, maen pes aja yg ga gitu, kenapa ya?

    BalasHapus
  42. Malem gan... Ps ane sering restart ( bisa 5-7x ) itu kenapa yach? Dan solusi nya gimana ?
    Thx suhu.

    BalasHapus
  43. Bang kalo PS3 tombolnya gk nyala padahal udh ganti PSU kenapa ya

    BalasHapus
  44. gan knpa y tiap main the last of us mau balik ke xmb ps3 restart sendiri.
    itu permasalahanya apa.
    trus ps3 saat pertama kali booting rsx lngsung 70°c apa itu tandanya harus ganti pasta.
    ps3 ane ss

    BalasHapus
  45. Kalo cuman kedip merah itu kenapa bos

    BalasHapus
Posting Komentar